PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN DAN KOMPETISI PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 GOMBONG, KEC. GOMBONG KAB. KEBUMEN
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa terhadap pembelajaran materi aktivitas kebugaran jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani melalui pendekatan permainan dan kompetisi pada siswa kelas Kelas IX SMP NEGERI 2 GOMBONG, Kec. Gombong Kab. Kebumen tahun pelajaran 2022/2023. Model pembelajaranya adalah menggunakan permainan dan kompetisi untuk meningkatkan hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas Kelas IX SMP NEGERI 2 GOMBONG, Kec. Gombong Kab. Kebumen tahun pelajaran 2022/2023 berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data dengan obeservasi dan penilaian hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala sikap, soal tes, dan unjuk kerja praktik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan penggunaan pendekatan permainan dan kompetisi, dapat meningkatkan hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani pada siswa kelas Kelas IX SMP NEGERI 2 GOMBONG, Kec. Gombong Kab. Kebumen tahun pelajaran 2022/2023. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 48,6% siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 94,3% siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan dan kompetisi dapat meningkatkan hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani pada siswa kelas Kelas IX SMP NEGERI 2 GOMBONG, Kec. Gombong Kab. Kebumen tahun pelajaran 2022/2023.
Beri Komentar