Info Sekolah
Selasa, 23 Apr 2024
  • Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Tahun Pelajaran 2023/2024 dapat dilihat di menu pengumuman pada Website ini.

Profil Kepala Sekolah SMPN 2 Gombong

Diterbitkan :

Supel, humble, dan ramah, itulah kesan pertama tim jurnalistik bertemu dengan Bapak Budi Santoso. Pak Budi, sapaan akrabnya adalah kepala sekolah dengan segudang prestasi. Salah satunya ketua MKKS Kabupaten Kebumen.

Budi Santoso lahir pada tanggal 24 Maret 1971 di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Beliau putra dari pasangan Bapak Mariyo dan ibu Kasiyem. Beliau anak ke-4 dari 9 bersaudara.

Riwayat pendidikannya mulai dari sekolah dasar di SD Jendi 2 Selogiri, kemudian melanjutkan sekolah menengah pertama di SMP Negeri 2 Selogiri, dan melanjutkan sekolah menengah atas di SMA Negeri 2 Wonogiri.

Karena suatu hal beliau memutuskan untuk tidak melanjutkan ke jenjang perkuliahan selama 1 tahun. Setelah 1 tahun berlalu, akhirnya beliau mendaftar ke salah satu universitas di Surakarta yaitu Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tahun 1990.

Beliau mengambil jurusan IPA-MATEMATIKA dan menamatkan kuliahnya pada tahun 1995 (S1). Setelah menamatkan kuliahnya, beliau kembali ke kampung halaman dan memutuskan untuk melamar sang istri yang merupakan teman semasa kuliah. Akhirnya ia memutuskan untuk tinggal di Gombong bersama keluarga kecilnya sembari mencari pekerjaan.

Beliau melamar pekerjaan menjadi guru di 3 sekolah yaitu: SMA Purnama Gombong, SMP PGRI, dan SMP PGRI Sempor. Beliau berhasil diterima di SMP PGRI Kebumen. Namun, setelah 1 minggu bekerja di sana beliau diterima di SMA Purnama Gombong dan akhirnya mengundurkan diri dari SMP PGRI Kebumen. Hingga pada 1998 kurang lebih 2 tahun bekerja, beliau mengundurkan diri dan mendaftar PNS.

Berhasil diterima menjadi PNS, beliau ditempatkan di SMPN 2 Pejagoan. Seiring berjalannya waktu, tak terasa telah 5 tahun lamanya dari penempetan pertama. Beliau kembali dipindahtugaskan ke SMPN 3 Gombong.

Sebelas tahun mengabdi menjadi salah satu guru di SMPN 3 Gombong, beliau disarankan oleh rekan kerjanya untuk melamar menjadi kepala sekolah. Dengan menghadapi segala tes yang diberikan akhirnya beliau berhasil diterima menjadi kepala sekolah di SMPN 1 Karanggayam pada tahun 2015. Empat tahun, tepatnya tahun 2019, beliau kembali mengalami perpindahan tugas ke SMPN 5 Kebumen.

Setelah mengalami berbagai macam rasa dan pengalaman hidup hingga 3 tahun lamanya di masa-masa pandemi covid-19, Beliau kembali menerima tugas dan ditempatkan di SMPN 2 Gombong. Tepatnya pada tanggal 1 September 2022 hingga sekarang.

Beliau memiliki motto hidup “BAJU KOKO” sebuah singkatan dari Berakhlak, Jujur, Kooperatif, dan Komunikatif. Sebuah motto yang selalu digenggam untuk melakukan hal-hal yang positif.

spendago

Tulisan Lainnya